Ngarai Sianok Bukit Tinggi Yang Menghipnotis

Bagi para pecinta alam tentu tak asing dengan area satu ini. Sebuah lembah yang curam yang dan di dasarnya mengalir anak sungai yang berlika-liku di antara celah tebing-tebing terjal dengan background Gunung Singgalang. Ngarai Sianok ini didalamnya kira-kira 100 m terbentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar kurang lebih 200 m dan dijadikan sebagai bagian dari patahan sesar yang memisahkan Pulau Sumatera jadi dua bagian memanjang yaitu Patahan Semangko. Patahan tersebut menciptakan dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membangun lembah hijau dihasilkan dari gerakan sinklinal, yang dialiri Batang atau Sungai Sianok yang airnya cukup jernih. Di zaman penjajahan Belanda, jurang itu disebut sebagai kerbau sanget, sebab banyaknya kerbau liar yang hidup leluasa di dasar ngarai.

Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Ngarai Sianok atau disebut secara umum Lembah Pendiang yang letaknya ada di perbatasan kota Bukittinggi dengan Kecamatan IV Koto, Sumatera Barat. Lantaran dialiri “Batang Sianok” yang berarti sungai yang jernih, ngarai alias lembah itu dinamakan Ngarai Sianok. Batang Sianok sekarang dapat diarungi dengan naik kano atau kayak yang. Rute yang ditempuh ialah yang berangkat dari Desa Lambah hingga Desa Sitingkai Batang Palupuh diperkirakan 3 jam 30 menit.

Ngarai Sianok mudah dikunjungi, suatu Ngarai di sentral kota yang tak dijumpai di kota-kota yang lain di seluruh dunia. Keeksotisan alam Ngarai Sianok yang sangat menggetarkan hati itu senantiasa diabadikan oleh wisatawan dengan memotret foto-foto juga sebagai imajinasi bagi kaum pelukis. Perjalanan menjelajah dengan melewati jalan setapak di lembah Ngarai dijadikan sebagai rekreasi yang unik dan layak kalian kunjungi.

Keunikan Lembah Ngarai Sianok Bukit Tinggi itu menjadikan banyak pengunjungnya terkagum-kagum, mengingat pandangan yang luasnya tidak terkira dari Sianok Grand Canyon. Disayangkan bila kalian ke sana dan memungkinkan tempat tersebut sebagai satu dari sekian banyak destinasi wisata tuk Padang tour ataupun Bukit Tinggi tour, tapi tak membawa kamera tuk mendokumentasikan perjalanan anda.

Panorama yang bisa menatap luas panorama Ngarai Sianok ini pula ditempatkan di salah satu bagian jurang yang tak sulit untuk diakses dari Bukit Tinggi, hingga Pandangan terbuka pun jadi Panorama favorit tuk dikunjungi di Kota Bukit Tinggi. Ngarai Sianok pun menyediakan wisata sejarah, yakni Lobang Jepang. Bangunan Lobang Jepang dibangun saat Perang Dunia II oleh warga lokal. Lokasinya 40 m di bawah tanah dan dijadikan sebagai terowongan perlindungan yang dibangun tuk keperluan pertahanan.

Tuk tiba di Taman Panorama Ngarai Sianok yang memiliki jarak 1 kilometer dari pusat Kota Bukit Tinggi bisa dikerjakan dengan naik kendaraan atau hanya berjalan kaki sambil meresapi kesejukan udara dari Kota Bukit Tinggi. Pemandangan Ngarai yang fantastis dapat dinikmati dari sana dengan melihat kelincahan monyet-monyet ngarai yang tinggal bebas di area Taman itu sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published.