Menikmati Kesegaran Wisata Air Terjun Liawan – Mamasa

Bila kalian mau berwisata ke Sulawesi barat, karenanya Air Terjun Liawan adalah obyek wisata yang amat disayangkan tuk dilewati begitu saja. Air terjun itu berada di Sumarorong kira-kira 1.8 km dari sentral kota Sumarorong kearah samping timur, Kabupaten Mamasa, Povinsi Sulawesi Barat, memiliki jarak 6 km dari akses Mamasa-Polewali.

Wilayah Kabupaten Mamasa ada di atas pegunungan yang tengah hijau. Sejumlah suku terkenal tinggal di wilayah tersebut, diantaranya suku Toraja, Bugis, Mandar, dan Makassar. Daerah yang memiliki luas hingga 2.759,23 km2 tersebut rupanya mengandung potensi wisata yang menjanjikan. Tidak terkecuali dengan potensi obyek Wisata Air terjun Liawan.

 Wisata Air Terjun Liawan

Dari kejauhan wisatawan bakal melihat semacam sebuah aliran berwarna putih yang kian mengalir menyisir kehijauan pepohonan di sekelilingnya, menjadikan Kamu lekas bergegas seolah olah tak sabar menikmati kesegaran dan kesejukan air terjun Liawan. Dan tepat, saat Kalian mendarat di hadapan air terjun yang nyatanya besar dan luas, maka percikan-percikan air terjun yang membentur danau dan batu di bawahnya, memberi percikan kejernihan bagi Kalian. Kalian mampu puas diri berenang ataupun hanya sekedar mandi, menikmati kesegaran air. Atau Kalian hanya ingin menjajal loncat dari atas bukit air terjun, menghujam deras sampai menembus kumpulan air di bawahnya.  Dan dari jarak terbilang cukup jauh, pengunjung telah dapat mendapati kesejukan dari percikan-percikan halus Air Terjun ini.

Lokasi di sekeliling air terjun Liawan itu tak hanya sebatas menikmati air terjun. wisatawan juga bisa menikmati ketika tenang dan santai bersama dengan keluarga ataupun teman-teman, sebab di dekat air terjun terdapat beberapa bangunan semacam dangau tempat duduk-duduk dan menjejakkan kaki.

Bila ingin bermalam, disana ada 5 bangunan pondok homestay, terlebih lagi saat Kalian menggelar acara kolektif misalnya api unggun, retreat outbound, atau event lainnya yang perlu pengenalan dan persahabatan dengan alam.

untuk anda yang mau bertamu ke Sumarorong, sebagai berita, udara di Sumarorong lumayan dingin, lantaran ada  di ketinggian kira-kira 1.000 mdpl dengan suhu udara sekitar 17 derajat celcius. Tiket masuk ke lokasi itu ialah Rp.3.000 per orang untuk satu kali kunjungan.

Tuk pergi ke Mamasa-Sumarorong, Kalian bisa naik angkutan umum seperti elf, dari Mamuju, ibukota provinsi Sulawesi Barat, ataupun lewat Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya hampir sama, ditempuh kira-kira 10 jam, harga kendaraan pun serupa kira-kira Rp.100.000.

Add a Comment

Your email address will not be published.