Mengintip Wisata Alam Ujung Genteng – Sukabumi

Pantai Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai bagian selatan Jawa Barat yang berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak perjalanan kira-kira 220 km dari Ibukota Jakarta atau 230 km dari Kota Bandung. Waktu tempuhnya kira-kira 6 jam hingga 7 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi roda empat. Sementara dari Kota Sukabumi dapat detempuh sekitar 3 jam hingga 4 jam naik kendaraan pribadi. Disamping jalannya lumayan mulus, juga ada sejumlah ‘jalan pintas’ dan sarana transportasi umum yang memadai ke lokasi.

Wisata Alam Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng mempunyai keunikan seperti pantai selatan Pulau Jawa yang dikenal jernih airnya dan gelombangnya yang tinggi. Meskipun begitu, pantai Ujung Genteng sedikit berbeda bila disandingkan dengan pantai Pelabuhan Ratu yang dikenal rawan dan kerap memakan korban jiwa sebab ombaknya yang ganas.

Meskipun pantai Ujung Genteng mengarah bebas ke Samudera Hindia, tapi ombaknya yang tinggi tidak membahayakan turis yang suka bermain di laut. Ombak besar dari tengah samudera terlebih dulu pecah berserakan karena terhalang hamparan karang laut di muka pinggir pantai, membuat kalian bisa menikmati alam dengan pantai yang bagus, secure, dan nyaman. Anak kecil boleh renang di laut sampai puas dan menjadikan pemandangan sekumpulan ikan berwarna-warni di sisi kosong batu karang, menandakan betapa alaminya kawasan Ujung Genteng.

Di daerah Ujung Genteng pribadi ada banyak lokasi-lokasi menarik, misalnya melihat langsung penyu hijau di pantai Pangumbahan. Memandangi penyu bertelur disisi pantai ketika malam hari jelas dijadikan sebagai event yang langka untuk beberapa orang dan tak semua obyek wisata pantai memilikinya. Penyu yang bertelur disekitar Ujung Genteng adalah jenis penyu hijau yang merupakan binatang amfibi. Penyu hijau mampu berkembang hingga mencapai lebih dari 1 m panjangnya, lebih dari 200 kg dari berat dan hidup 100 tahun lebih. Sebelum penyu bertelur sebaiknya tidak memunculkan kegaduhan ataupun keributan, dan disarankan juga tak membawa penerangan dalam rupa apapun sebab hal semacam itu dapat memungkinkan sang penyu tidak mau bertelur dan balik lagi ke arah laut. Saat telur dikeluarkan kalian boleh mendekat dan mengamatinya dengan memakai alat penerangan.

Tampaknya jika penyu sudah mulai mengerahkan telurnya, pasti mendapati kesukaran tuk menghentikannya, dan total telur yang dikeluarkan dari seekor penyu hijau mampu sampai 200 butir.

Di Ujung Genteng, Ada pula lokasi yang mana Kalian boleh berselancar di atas ombak yang sangat seru yang dikenal dengan istilah ”ombak tujuh”. Ombak Tujuh, berada sekitar 15 km dari pangumbahan yang dapat ditempuh dengan berjalan jalan kaki sepanjang 3 jam sampai 4 jam. Lokasi itu merupakan lokasi favorit bagi turis tuk olahraga selancar. Istilah ombak tujuh berdasarkan warga sekitar lantaran ombaknya senantiasa berurutan tujuh ombak dan melulu tinggi. Disekitar ombak tujuh terdapat beberapa pulau kecil, pantainya amat alami, banyak karang kecil, Biasanya orang yang berselancar naik ojek tuk bisa tiba kesana dan jika musim hujan tak ada yang dapat kesana terkecuali jalan kaki. Tuk yang gemar mancing, di Ujung Genteng adalah tempat yang tepat karena ikannya cukup banyak dan beraneka ragam.

Disamping itu kawasan ujung genteng pun ada cekungan pantai dinamakan dengan Cibuaya, Area itu cocok tuk berendam ataupun berenang sebab merupakan cekungan pantai yang mempunyai kedalaman yang bervariatif, dari mulai 0,5 m sampai dengan 6 m. Didalamnya pun ada terumbu karang yang indah. Letaknya amat cocok tuk menikmati mentari sore, pun mengandung air laut yang jernih dan bersih. Kadang-kadang jika musim ikan kakap ataupun ikan krapu, cibuaya adalah tempat ideal tuk memancing.

Selain obyek wisata alam, Ujung Genteng juga terdapat obyek wisata dalam rupa proses produksi gula kelapa oleh warga setempat. Pembuatannya sangat sederhana yaitu dengan memanfaatkan kebun kelapa luas, para warga memasang bokor tuk penampungan cairan dari kembang kelapa kemudian dikumpulkan dan dimasak dikuali dan dicetak dengan potongan bambu yang berukuran lebih besar dari ukuran gula kelapa.

Bila Kalian mau bermalam di sana, lokasi Ujung Genteng menyewakan villa yang bisa disewa/malam. Kalian boleh memilih  villa yang tepat tuk bersantai bersama-sama keluarga dan rekan. Tarifnya bervariasi dan tengah terjangkau.

Add a Comment

Your email address will not be published.