Mahakarya Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional itu normal disebut dengan Kepulauan Wakatobi, mempunyai wilayah yang mencakup 4 pulau dan sebagian pulau kecil lainnya disekelilingnya. Taman Nasional tersebut merupakan satu dari sekian banyak dari 50 taman nasional laut yang paling luas di Indonesia. Terumbu karang dan ikan disana tergolong sumber daya sangat penting yang berlaku sebagai fokus pengelolaan dari Taman Nasional Wakatobi.

Ekosistem terumbu karang dinilai menjadi ekosistem laut pantai yang amat produktif yang bisa ditemui didalam perairan tropis. Dari sisi ekologi terumbu karang menggenggam peranan penting sebagai habitat dari populasi ikan karang yang jadi target tangkapan para nelayan. Penduduk nelayan dalam wilayah Taman Nasional ini sudah menggantungkan kelangsungan hidupnya terhadap sumber daya itu semenjak dulu.

Sesuai hasil survey oleh Departement Kehutanan dan WWF, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam era 1989 dan volunteer dari LIPI dan Operation Wallacea menyatakan bahwa Kepulauan Wakatobi mempunyai potensi sumber daya alam laut yang serius dan sangat melimpah, dari jenisnya maupun keunikan darinya dan panorama bawah laut yang fantastis.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi pun terdapat nuansa alam yang indah di bawah laut misalnya gugusan terumbu karang bisa ditemui kira-kira 112 jenis dari 13 famili yang berada di 25 spot sepanjang 600 km dari garis pantai. Disamping keindahan yang ditawarkan oleh beragam macam terumbu karang di dasar laut. Sebagai tambahan dari karangan terumbu karang yang fantastis, ada belasan area diving dan snorkeling cukup mudah didatangi, disana memiliki kehidupan bawah laut yang amat beragam, full color dan incredible.

Tempat-tempat istimewa di Taman Nasional Wakatobi:

Pulau Wangi wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Binongko, dan ada sejumlah pulau serta pantai yang lainnya yang bisa kalian kunjungi. Sebenarnya Wakatobi merupakan singkatan dari beberapa nama pulau yang tadi sudah disebutkan.

Taman Nasional Wakatobi diberkati dengan rangkaian terumbu karang terbaik dan paling sehat saat ini, dimana kita dapat mulai menyelam hanya 20 meter dari dive center maka Wakatobi sering dianggap sebagai kapal dengan pantai terbangun di sampingnya. tidak sampai disitu saja, perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu tersebut tak lain dan tak bukan ialah ikan paus sperma.

Normalnya komunitas paus sperma ada di Wakatobi di bulan-bulan akhir seperti bulan November, disaat belahan bumi yang lain membeku. Di bulan itu perairan Wakatobi dapat dikatakan lebih hangat dan banyak pakan yang dapat mengenyangkan perut para komunitas paus. Wakatobi pun jadi area bermain ikan pari Manta atau Manta Ray yang ukuran badannya terbilang raksasa. Pari Manta adalah salah satu jenis ikan yang menarik dan khas daerah perairan tropis.

Tuk pergi ke Taman Nasional Wakatobi, dari arah Kendari ada sebagian alternatif tuk menuju Taman Nasional Wakatobi, pertama dari Dermaga Kendari ke Bau-bau dengan naik speedboat, dari Bau-bau dilanjukan dengan naik perahu kayu kearah Wanci sebutan lain dari Pulau Wangi wangi. kedua, dari Dermaga Kendari segera ke Wanci dengan naik kapal kayu yang pergi 3 kali seminggu. jarak tempuh antar Dermaga Kendari dan Wanci kira-kira 10 jam dengan naik perahu kayu. Atau Bila dari Surabaya, Jakarta, maupun kota lainnya, bisa naik jalur udara tuk langsung ke Bau-bau, Pulau Buton. lalu dilanjutkan ke Wanci di Pulau Wangi-wangi, yang dijadikan sebagai Pintu Masuk ke pariwisata Taman Nasional Wakatobi.

Add a Comment

Your email address will not be published.