Keindahan Wisata Air terjun Sambabo – Mamasa

Air terjun Sambabo lebih tepatnya berada di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambam, Mamasa. Air terjun yang bersumber dari nama Samba dan Botto tersebut terletak di ketinggian 400 m dan terdapat kira-kira 10 km dari Kota Mamasa dan sekitar 300 km dari Kabupaten Polewali Mandar. Air terjun itu jadi kebanggaan istimewa bagi provinsi sulawesi tenggara, sebab air terjun semacam itu adalah air terjun yang paling tinggi di Pulau Sulawesi.

Wisata Air terjun Sambabo

Air terjun Sambabo di karuniai panorama yang cukup menawan tidak hanya untuk wisatawan setempat tapi juga tuk wisatawan luar negeri. Air terjun yang bertingkat dan tempatnya berada di ketinggian ini sanggup jadi daya tarik, bahkan ada antara para wisatawan luar negeri yang beranggapan bahwa keindahan Air Terjun Sambabo tak kalah hebatnya dengan air terjun Niagara di Amerika. Megahnya tak hanya di pusatkan di Air Terjun Sambabo semata, alam sekitarnya pun menarik, terpampang di lereng gunung dan terletak di antara bebatuan besar, pun dihiasi dengan dekorasi hutan asri yang menghiasi air terjun. Tuk tiba ke Air Terjun Sambabo, lebih dulu kalian musti melalui jembatan gantung, jelas hal ini bakal jadi sensasi menggelegar, kemudian menanjak lembah kira-kira 500 m jauhnya, dan kalian juga bakal melewati kebun kopi dan kakao (coklat).

Semacam halnya tempat lainnya di Indonesia yang memiliki mitos, Air terjun Sambabo tersebut konon terdapat pelindung berbentuk burung raksasa yang mendiami gua batu dibelakang derasnya air terjun , burung itu hanya keluar sekali dalam setahun menjelajahi kawasan sekitarnya hingga pantai barat dari Sulawesi di teluk Mandar Hingga air terjun itu dijuluki nama samba botto disingkat menjadi Sambabo sebab burung raksasa tersebut menjelajah wilayah luas dalam Bahasa Bambang ‘Ussambai Botto’.

Untuk Kalian yang mau berwisata dan datang dari Luar Sulawesi Barat, tuk sampai menuju Air Terjun Sambabo, akses termudah hanya dari Makassar, yang ada di Sulawesi Selatan. Ada angkutan udara dari Makassar ke Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju. Usai itu, perjalanan dapat lanjut ke Mamasa dengan menyewa mobil atau naik angkutan umum. Sesampainya di kota Mamasa, sebaiknya istirahat sejenak menjelang melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bambam, tempat dimana obyek pariwisata air terjun Sambabo beralamat.

Di kota Mamasa, banyak sekali fasilitas yang tersedia tuk para wisatawan, antara lain penginapan, rental mobil, restoran, sampai sentral penjualan suvenir khas Mamasa. Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke Air Terjun Sambabo, ada baiknya kalian bertamu ke kota Mamasa lebih dulu. Tetapi yang amat disayangkan ialah jika tempat seindah itu tidak terpublikasi dan dirawat dengan professional hingga berlaku sebagai surga yang teraniaya.

Add a Comment

Your email address will not be published.