Keindahan Taman Laut Bunaken – Sulawesi Utara

Bunaken merupakan satu pulau dengan ukuran 8,08 kilometer² di Teluk Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Pulau tersebut adalah bagian dari kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara. Di sekeliling Pulau Bunaken ada taman laut Bunaken yang bisa disebut sebagai bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Dari keseluruhan taman laut Bunaken mencakup area yang luasnya 75.265 ha dengan 5 pulau yang ada di dalamnya, yaitu Pulau Siladen, Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Manado Tua, dan Pulau Naen.

Pecinta diving tentu akan terpuaskan hatinya di Bunaken yang sedikitnya terdapat 40 tempat diving yang menyuguhkan beraneka jenis ikan tropis dan terumbu karang. Satu diantaranya jenis karang hidup, berbentuk terumbu karang tepi dan penghalang. Cukup menarik perhatian ialah terumbu tebung karang vertikal yang terbentang sepanjang 50 m. Jenis ikan raksasa semacam marlin,pari, layar, tuna, barakuda, cakalang, hiu kepala palu terkadang singgah di perairannya. Maklum, kerusakan dari Taman Nasional Bunaken relatif lebih rendah daripada taman laut lainnya yang beredar di Indonesia. Hl itu yang menjadikan pariwisata Bunaken sedikit unik dari obyek pariwisata lainnya. Pesona Natural Alam Bawah Laut Bunaken sudah banyak disukai wisatawan berbagai negara tuk datang lagi dan mendapatkan kemolekannya, yang layak disayangkan ialah kurangnya pemasaran dan sosialisasi mengenai keberadaannya maka tidak heran bila belum banyak kontribusi menghasilkan cadangan devisa untuk negara Indonesia.

Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terhimpun dari ekosistem hutan bakau, terumbu karang, padang lamun, dan ekosistem daratan ataupun pesisir. Konon wilayah terumbu karang dan alam bawah lautnya yang tercantik di dunia.

Taman Nasional Bunaken mempunyai 40 area diving yang kaya akan terumbu karang dan ikan-ikan tropis. Pengunjung bisa diving dan menikmati keeksotisan lebih dari 150 jenis dari 58 genus ikan-ikan dan terumbu karang di tempat tersebut.

Wilayah yang dibuka menjadi taman laut nasional semenjak tahun 1991 itu pun menonjolkan keindahan lain yakni tersedianya underwater great walls yang didirikan vertikal dan melengkung ke atas. Dalam rantai makanan, dinding karang itu bertindak sebagai sumber makanan untuk ikan-ikan di perairan daerah Pulau Bunaken.

Bunaken mempunyai ragam kehidupan bawah laut yang amat beragam, sebab daerah taman laut Bunaken berlokasi di segitiga terumbu karang dunia yang tertebar dari Indonesia, Timur Leste, Malaysia, Papua Nugini, phillipine, dan Kepulauan Solomon. Disana Kalian dapat melihat 70% dari jenis ikan di dunia didalam taman laut Bunaken, dan catatan tersebut tak termasuk ikan-ikan laut dalam. sungguh menakjubkannuntuk obyek pariwisata.

Taman Laut Bunaken berada kira-kira 1,5 kilometer dari Kota Manado. Tuk pergi ke Bunaken, kalian boleh melewati Pelabuhan Manado di Kecamatan Molas, dan dari Pelabuhan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado, kalian dapat naik speedboat ke Pulau Siladen dengan waktu tempuh 20 menit lamanya, ke Pulau Bunaken 30 menit perjalanan.

Sementara dari Pelabuhan Marina Blue Banter, kalian boleh naik kapal pesiar yang disediakan untuk menuju ke daerah pariwisata di Pulau Bunaken dengan masa tempuh 10menit hingga 15 menit, sementara dari Pelabuhan Nusantara Diving Centre ke lokasi diving di Pulau Bunaken dapat naik speedboat dengan waktu perjalanan 20 menit. Tiap pengunjung yang masuk obyek pariwisata Taman Laut Bunaken akan dikenai tarif tiket senilai Rp.50000. Tarif itu berlaku bagi pengunjung yang mau menyelam atau yang tak mau menyelam. Tidak cuma tiket reguler, ada juga tiket yang menjadi tuk satu tahun dengan tarif Rp.150000.

Add a Comment

Your email address will not be published.