Eksotisme Air terjun Sipiso-piso – Sumatera Utara

Obyek wisata Air terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Karo, Sumatera Utara, atau ada di sebelah utara Danau Toba, sekitar 24 km dari Kecamatan Kabanjahe, normalnya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal yang mengisi hari libur di akhir minggu. Bisa dibilang, berkunjung ke desa tersebut tak beda dengan berlibur ke obyek wisata Air Terjun Sipiso-piso. Dari sisi geografis, Desa Tongging terletak di dataran yang cenderung rendah, sedangkan obyek wisata ini berada di daerah perbukitan yang setingkat lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun itu berada di ketinggian kurang lebih 800 mdpl dan dihiasi oleh bukit yang hijau sebab ditumbuhi hutan pinus.

Dengan berkunjung ke Desa Tongging, Anda pasti menikmati panorama yang indah semacam obyek wisata di Desa Tao Silalahi yang ada di dekat obyek wisatanya. Sebelum “melahap” air terjun secara dekat, Anda bakal disuguhi view indah Tanah Karo dari gardu pandang yang terdapat di atas bukit, titik pangkal dari aliran air terjun Sipiso-piso. Dari atas bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso itu, Anda bisa menyaksikan keindahan landscape Danau Toba, suatu danau vulkanik paling besar di dunia.

Air terjun Sipiso-piso

Nama Air terjun sipiso-piso bersumber dari kata Piso yang mempunyai arti pusau, persisnya anda telah bisa membayangkan rupa dari air terjun tersebut yang meluncur tajam bak pisau dari atas bukit. Air terjun tersebut mengguyur mengalir ke arah bawah mengiris dari bukit-bukit nan hijau yang ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus. Anda mampu melihat air terjun dari kejauhan juga selain menikmati dari cerita tadi, tapi bisa juga turun lebih ke bawah. Tuk tiba ke dasar air terjun, para turis harus menyemburkan sedikit tenaga ekstra. Tangga kearah bawah sana cukup jauh sehingga wajib dipastikan bahwa kalian mempunyai stamina yang banyak dan membawa bekal. Trek turun untuk jalan kaki bisa saja tak terlampau jadi masalah, tetapi untuk naik kembali ratusan anak tangga usai selesai bersenda gurau di bawah jelas akan menyedot energi.

Air Terjun Sipiso-piso memiliki panorama alam yang eksotis nan menggetarkan hati. Di antara tebing-tebing yang nampak kehijauan, turunlah kucuran air yang tidak terlampau besar. Dari suatu pos pemantauan yang ada di Merek, anda dapat meresapi dari keindahan Sipiso-piso dan Danau Toba dari kejauhan.

Tempat menginap pasti menjadi hal yang bernilai untuk kalian yang mau berlibur. Saat berlibur di Air Terjun Sipiso-piso dan mau bermalam, maka Anda bisa mendapatkan penginapan di Desa Tongging ataupun di Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Disamping itu, jika Kalian mau mencari kenang-kenangan tuk keluarga di rumah, maka kunjungi saja beraneka penjaja suvenir khas Tanah Karo di sekeliling obyek wisatanya.

Add a Comment

Your email address will not be published.