Buaian Angin Pantai Nirwana

Tak hanya Pantai Lakeba di Pulau Buton, juga ada satu pantai lagi yang tidak kalah cantiknya yakni Pantai Nirwana. Pantai tersebut merupakan suatu obyek wisata alam yang berada di bibir pantai barat Kota Bau-Bau atau kira-kira 15 menit kearah barat bila dari sentral kota, dan bisa didatangi lewat jalur darat ataupun jalur laut. Secara administratif pantai Nirwana tersebut berlokasi di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari.

Disamping meresapi dari keindahan view pasir yang putih dan lautan biru yang bening, kalian pun dapat meresapi pemandangan dari pelestarian rumput laut. Sebab di Pantai Nirwana banyak dari petani rumput laut yang beraktivitas.

Pantai Nirwana

Tak hanya itu, dengan air laut yang bening dan warnanya kebiruan pantai itu juga amat cocok tuk melaksanakan aktivitas diving. Keeksotisan dari terumbu karangnya jadi daya tarik istimewa setiap turis tuk mengerjakan aktivitas wisata Pantai Nirwana. Di pantai itu kerap ditemui aktivitas para turis mancanegara melaksanakan kegiatan diving dan pemotretan di bawah laut. Hamparan karang, ikan-ikan dan beragam berjumlah jutaan dari biota laut yang lain akan jadi panorama tersendiri untuk siapa saja yang memandangnya.

Untuk warga lokal Kota Bau-Bau, Pantai Nirwana tak hanya sekedar menjadi lokasi hiburan, tetapi ada yang menggunakannya menjadi praktek terapi tuk mengobati banyak sekali jenis penyakit misalnya gangguan saluran pernapasan dan asma. Hal itu bisa dilakukan dengan teknik berendam didalam kejernihan dan kesegaran air laut Pantai. Walau tidak banyak orang yang tahu, tetapi bagi mereka yang sudah mencoba, khasiatnya sudah terbukti.

Potensi wisata Pantai Nirwana tidak cukup dengan panorama pantai dan dari keindahan terumbu karangnya. Tapi, tidak jauh dari area pantai, juga ada satu Goa dengan pemandian air payau yang memanjang kira-kira panjangnya 50 m. Warga kelurahan Sula menamakannya sebagai Goa Moko yang katanya di zaman dulu area tersebut dipergunakan menjadi sumber mata air yang bisa dimanfaatkan tuk keperluan sehari-hari sebab tidak pernah habis. Lokasi Goa itu terletak di bagian selatan dari Pantai Nirwana. Hanya 10 menit dari Pantai Nirwana untuk bisa sampai ke Goa Moko.

Untuk kalian yang berlibur ke Baubau tanpa alat transportasi pribadi, bisa tiba ke obyek wisata Pantai Nirwana dengan tidak lebih dari Rp.5.000 saja. Sebetulnya, bila Kalian suka dengan petualangan, Kalian bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Dengan menggunakan jalur arah perbukitan Kota Baubau, Kalian bakal diberi bonus view pantai Pulau Buton dan Pulau Muna dengan pasir yang putih, amat jelas terlihat dan pastinya mempesona.

Add a Comment

Your email address will not be published.