Air Terjun Madakaripura – Probolinggo

Sekitar 5 kilometer dari jalur jalan raya Gunung Bromo. Obyek wisata Gunung Bromo rupanya mengandung satu lokasi wisata yang menarik dan menakjubkan. Jaraknya tak jauh dari lautan pasir Bromo, sekitar 45 menit menuju ke Probolinggo (ke arah Utara). Julukannya adalah air terjun Madakaripura. Berdasarkan cerita rakyat dari warga setempat julukan tersebut bersumber dari cerita zaman dahulu, katanya Patih Gajah Mada mengukir akhir hayatnya dengan bersemedi di air terjun Madakaripura. Cerita itu ditunjang dengan dibangunnya arca Gajah Mada di lokasi parkir obyek air terjun tersebut.

Jalan desa yang berbelok-belok jadi santapan trip ke Air Terjun Madakaripura. Persiapkan juga kondisi kendaraan kalian. Mengingat dari sepanjang jalur tidak akan ditemui namanya bengkel, Tambal ban ataupun pom bensin. Hutan-hutan yang ada disekitar sana terbilang lebat, warna hijaunya seperti mendominasi hati, lingkungan, dan pikiran. Bahkan, tengah ditampilkan sisa–sisa bekas penebangan hutan dengan liar oleh warga setempat tuk dimulai jadi lahan baru. Amat disayangkan.

Pasca perjalanan ke air terjun, Sebuah gerbang untuk retribusi pasti menyambut kalian dari jauh. Dari sana, waktu tempuh ke parkiran Air Terjun Madakaripura masih sekitar 300 m cukup jauh juga. Ketika sudah sampai di obyek air terjun Madakaripura kalian akan bertemu dengan pos penjaga, warung kecil, dan toilet, disana disediakan pula penyewaan payung jika kalian tak ingin begitu basah. Air terjun tersebut berawal dari air yang mengalir dari tebing-tebing dengan bentuk memanjang dan menghasilkan bentuk seperti tirai, hingga kalian dapat berpayung ria berjalan di bawahnya.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura itu dilingkupi oleh tebing-tebing yang terjal yang menciptakan ruangan dan berdiameter kira-kira 25 m. Berdiri di dalam ruang alam itu kalian akan terasa seolah ada di dasar suatu tabung, yang mana ada air terjun dengan tinggi sekitar 100 m. Air yang jatuh di kolam tersebut memunculkan bunyi yang bernada, kadang-kadang bunyi yang ditimbulkannya makin keras disebabkan air yang turun kian deras.

Keistimewaan dan kesejukan dari air terjun Madakaripura menjadikan kalian kerasan berlama-lama melihatnya. Tebing-tebing disekeliling air terjun ada sejumlah goa, persis dengan area film-film silat dan sungguh tepat tuk daerah pertapaan. Hanya terdengar suara air dan tidak ada suara knalpot kendaraan, asap dari pabrik dan kendaraan yang menyebabkan polusi udara.

Untuk para pecinta fotografi, lokasi Air Terjun Madakaripura dapat jadi obyek yang tak habis-habisnya, mulai dari gerbang masuk sampai nuansa air terjun yang seolah olah didalam tabung. Sejumlah warga di Probolinggo baik di hotel ataupun di travel agen yang kami tanya seputar air terjun Madakipura mengakui belum pernah berwisata kesana. Hal itu bisa saja dikarenakan lantaran bentuk air terjun itu yang jika terjadi longsor ataupun banjir, maka kalian yang ada di dasar tabung tadi bakal terperangkap. Sehingga bila ada di ‘tabung’ itu perasaan kalian bakal bercampur aduk diantara kagum terhadap keindahan alam tersebut dan perasaan khawatir.

Setelah puas bermain air, kalian dapat merasakan minuman panas di toko atau warung dekat dari air terjun Madakaripura. menjelang menjejakkan kaki lagi kearah tempat parkir. Secara umum tempat itu sudah diolah dengan sangat baik, bisa didatangi melintas di jalan aspal yang halus, jalan setapak yang tenang, sarana umum semacam kamar mandi, masjid dan tempat parkir. Tapi kurangnya info tentang obyek wisata itu dan jaminan security yang tidak ada, menyebabkan jarang orang dengar dan ingin berwisata ke obyek wisata tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published.